Jalur Pendakian Gede Pangrango via Putri Berikut Peta

Jalur Pendakian Gede Pangrango via Gunung Putri dikatakan sebagai medan yang cukup berat karena treknya didominasi dengan menanjak. Meski begitu, jarak tempuh merupakan yang tercepat hingga 2-3 jam dari pada jalur lainnya. Karena alasan tersebut, seringkali banyak pendaki yang lebih memilih pendakian melalui jalur Gunung Putri.

Ada tiga jalur pendakian gunung Gede Pangrango yaitu jalur Salabintana di Sukabumi, jalur Cibodas dan jalur Gunung Putri. Ketiga jalur tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Adapun pendakian Gede Pangrango via Gunung Putri mempunyai kelebihan yang sulit diabaikan karena adanya pos yang disebut-sebut sebagai surga kecil di Bumi, yaitu Alun-Alun Surya kencana.

Seperti pendakian gunung lain pada umumnya, untuk mendaki gunung Gede Pangrango pendaki diharuskan memenuhi beberapa syarat agar mendapatkan izin mendaki. Syarat yang paling utama tentunya kesiapan fisik dan mental, tanpa persiapan fisik maka melakukan pendakian bisa membahayakan diri pendaki. Kesiapan fisik pendaki juga menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan Surat Izin Memasuki Kawasan Konservasi (SIMAKSI) Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Booking & Simaksi

SIMAKSI merupakan semacam legalitas yang harus dimiliki seorang pendaki ketika akan melakukan pendakian Gede Pangrango. Surat izin tersebut bisa didapatkan apabila pendaki dapat memenuhi syarat dan ketentuan yang diminta pihak pengelola. Informasi detail terkait syarat dan ketentuan yang harus dilengkapi untuk mendapatkan simaksi bisa diaskes di https://booking.gedepangrango.org

Teknis cara mendapatkan SIMAKSI cukup mudah yaitu dengan melengkapi form yang disediakan secara online. Pastikan membaca setiap poin dan memenuhinya, hal ini penting untuk meminimalisir terjadinya kendala pada saat pendakian. Di halaman berikutnya akan ditampilkan kuota pendakian yang masih tersedia.

Gede Pangrango via Putri

Dari ketiga jalur yang tersedia, seringkali jalur pendakian Gede Pangrango via Gunung Putri menjadi jalur yang paling ramai. Lanjut halaman berikutnya lengkapi form yang diminta dari mulai tujuan, tanggal masuk/keluar. Untuk pendakian melalui jalur gunung Putri maka pastikan pada pilihan Pintu Masuk untuk memilih Gunung Putri.

Rute Menuju Lokasi Pendakian

Rute menuju lokasi pendakian Gede Pangrango via Gunung Putri cukup mudah karena lokasinya berdekatan dengan jalur Cibodas. Kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum, turun di Pasar Cipanas lalu dilanjutkan menuju Gunung Putri. Agar lebih mudah, bisa juga menggunakan jasa transport untuk antar-jemput menuju lokasi pendakian.

Jika membutuhkan tempat untuk sekedar beristirahat, di lokasi pendakian terdapat banyak basecamp yang menyediakan berbagai macam fasilitas dan layanan seperti penginapan, tempat parkir dll.

Basecamp Gunung Putri

Buat kamu yang membutuhkan tempat untuk beristirahat berikut layanan akomodasi tambahan seperti tempat parkir, sewa peralatan outdoor, jasa guide dan jasa porter bisa menghubungi kami. Melayani booking secara online sebelum hari pendakian.

Peta Jalur Pendakian Gede Pangrango via Putri

Berikut adalah peta interaktif untuk memudahkan pendaki memahami jalur pendakian via gunung Putri. Jalur pendakian gunung Putri ditandai dengan warna kuning, silahkan di perhatikan jalur dan pos-posnya.

peta gunung gede via putri

Adapun untuk link peta interaktifnya bisa diakes pada link PETA INTERAKTIF berikut ini.

Trek Pendakian Gede Pangrango via Gunung Putri

Setelah semua syarat untuk mendaki terpenuhi, hal selanjutnya yang harus diketahui adalah informasi terkait medan pendakian. Sesuai judul pada tulisan ini, berikut adalah trek dan medan yang akan dilalui beserta estimasi waktu yang dibutuhkan pendaki ketika melakukan pendakian Gede Pangrango via Gunung Putri:

Basecamp – Legok Leunca (1 jam)

Salah satu keunikan jalur pendakian Gede Pangrango via Gunung Putri yaitu perjalanan dimulai melewati ladang dan permukiman warga setempat.

Jalur Pendakian Gede Pangrango via Putri

Trek awal didominasi oleh perkebunan dan sawah-sawah, jalan masih datar agak menanjak. Dari perjalanan awal ini akan nampak Gunung Putri dari kejauhan. Estimasi waktu perjalanan dari basecamp menuju pos 1 Legok Leunca sekitar 1 jam.

Legok Leunca – Buntut Lutung (1,5 jam)

Pos Legok Leunca ditandai dengan sebuah gapura bertuliskan Taman Nasional Gede Pangrango.

Gede Pangrango via Gunung Putri

Di lokasi tersebut terdapat gazebo sederhana untuk sekadar beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke pos berikutnya yaitu Buntut Lutung. Menuju pos Buntut Lutung memakan waktu 1,5 jam dengan medan yang didominasi tanjakan.

Buntut Lutung – Lawang Sekateng (1,5 jam)

Dari Buntut Lutung menuju Lawang Sekateng akan menemui medan yang lebih berat dengan trek menajak diantara akar pepohonan yang lebat.

Gede Pangrango via Gunung Putri

Trek ini bisa dibilang medan paling berat selama perjalanan mendaki gunung Gede Pangrango via Gunung Putri. Didominasi tanjakan dan minim bidang datar, estimasi waktu yang dibutuhkan sekitar 1,5 jam.

Lawang Sekateng – Simpang Maleber (1,5 jam)

Lawang Sekateng menuju pos berikutnya yaitu Simpang Maleber, perjalanan masih cukup berat, berupa trek menanjak dan kanan-kiri pepohohan rimbun khas Jawa Barat.

Gede Pangrango via Gunung Putri

Menuju pos Simpang Maleber membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam.

Simpang Maleber – Alun-alun Surya Kencana Timur (1 jam)

Sekitar 1 jam perjalanan dari Simpang Maleber dengan medan yang lebih landai, kemudian kita akan bertemu dengan surganya Gunung Gede Pangrango yakni Alun-Alun Surya Kencana. Nah, di sinilah semua rasa lelah dan letih para pendaki akan terbayar.

Gede Pangrango via Gunung Putri

Alun-Alun Surya Kencana dengan pesona keindahannya sering disebut-sebut sebagai surga kecil di Bumi. Merupakan dataran rumput terbuka seluas 50 hektar yang dihiasi tanaman Edelweiss, di tengahnya mengalir aliran sungai kecil dari puncak gunung Gede.

Gede Pangrango via Gunung Putri

Lokasi ini adalah tempat favorit para pendaki untuk mendirikan tenda dan bermalam, viewnya yang terbuka sangat ideal untuk menikmati pemandangan bintang-bintang di langit.

Alun-alun Surya Kencana – Puncak Gunung Gede (45-60 menit)

Dari alun-alun menuju puncak Gede bisa dicapai dalam 45 menit hingga 60 menit. Panorama puncak gede dengan ketinggian 2958 mdpl benar-benar memukau, kita bisa melihat dengan jelas gunung Pangrango yang menjulang dikelilingi awan yang luas. Rasa letih pendakian menaklukkan berbagai medan seketika hilang terobati pemandangan yang memanjakan mata.

Gede Pangrango via Gunung Putri

Gunung Gede Pangrango adalah salah satu list gunung yang wajib untuk didatangi, dengan panorama yang sungguh mempesona.

Demikianlah Jalur Pendakian Gede Pangrango via Gunung Putri

Nah, itulah trek dan medan pendakian gunung Gede Pangrango via Gunung Putri, semoga bermanfaat bagi kalian yang sudah merencanakan pendakian gunung Gede Pangrango. Namun, terlepas dari jalur pendakian mana pun yang dipilih, selalu pastikan untuk mengutamakan keamanan dan keselamatan dalam mendaki.

Adapun total estimasi waktu mulai berangkat dari basecamp sampai puncak gede yaitu sekitar 7 jam. Estimasi tersebut bisa lebih cepat bisa juga lebih lama tergantung dari gaya mendaki masing-masing.

Ada tipe pendaki yang gerak cepat, hajar terus dengan minim istirahat karena ingin segara mencapai puncak. Ada juga tipe pendaki yang santai, sering istirahat, jepret sana sini yang penting sampai puncak. Kamu termasuk tipe yang mana nih? 😀

Referensi: afrizalr.com, setapakkecil.com

Leave a Reply