7 Perbedaan Jalur Gunung Putri dan Jalur Cibodas ke Gunung Gede

Untuk mengakses puncak Gunung Gede terdapat 3 jalur pendakian yaitu jalur Cibodas, jalur Gunung Putri dan jalur Selabintana. Dari ketiga jalur tersebut, jalur Cibodas dan jalur Gunung Putri merupakan jalur populer yang paling banyak diminati.

Populernya kedua jalur tersebut tak jarang membuat bingung calon pendaki pada saat memilih jalur. Sehingga muncul pertanyaan-pertanyaan berikut:

Gunung Gede via Putri atau via Cibodas lebih bagus mana? Gede Pangrango via Cibodas vs Gunung Putri? Gunung Gede via Putri vs Cibodas? Enakan jalur Putri atau Cibodas? Gunung Gede mending via Putri atau Cibodas?

Dan masih banyak lagi pertanyaan sejenis terkait dilematika calon pendaki terhadap kedua jalur populer tersebut 😀

Nah, tulisan ini dibuat bertujuan untuk memberikan informasi terkait beberapa hal yang bisa “dianggap” perbedaan antara jalur Gunung Putri dan jalur Cibodas. Semoga informasi yang disajikan dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait kedua jalur tersebut.

Perbedaan Jalur Gunung Putri dan Jalur Cibodas ke Gunung Gede

Berikut adalah beberapa perbedaan antara jalur Gunung Putri dan jalur Cibodas menuju puncak Gede:

Jarak Tempuh

Perbedaan pertama yaitu jarak tempuh menuju puncak Gunung Gede. Berdasarkan keterangan peta jalur yang dirilis pengelola (TNGGP), jarak tempuh jalur Cibodas menuju lokasi kemping Kandang Badak adalah 6,5 km. Kemudian dari Kandang Badak menuju puncak Gede mempunyai jarak tempuh sekitar setengah kilo meter. Jadi, total jarak tempuh jalur Cibodas menuju puncak Gede sekitar 7 km.

peta gunung gede via cibodas dan gunung putri
Foto: gedepangrango.org

Adapun jalur Gunung Putri menuju Alun-Alun Surya Kencana jarak tempuhnya sekitar 6 km, ditambah jarak menuju puncak Gede kurang dari setengah kilo meter. Dengan demikian total jarak tempuh jalur Gunung Putri hingga ke puncak Gede sekitar 6 km lebih sedikit 😀

Waktu Tempuh

Perbedaan jarak tempuh akan berpengaruh terhadap lamanya waktu tempuh. Jalur Cibodas yang mempunyai total jarak tempuh sekitar 7 km, rata-rata waktu tempuh sekitar 7-8 jam. Sedangkan jalur Gunung Putri yang mempunyai total jarak tempuh 6 km “lebih dikit”, rata-rata waktu tempuhnya sekitar 5-6 jam.

Medan

Perbedaan selanjutnya yaitu medan pendakian. Jalur Cibodas dikenal sebagai jalur yang cukup landai (ya walaupun pasti harus nanjak juga), wajar karena jalur Cibodas melewati pinggiran kawah Gunung Gede. Medan yang dilalui jalur ini pada awal pendakian memang akan terasa lebih santai karena banyak “bonus”.

Medan yang paling menantang di jalur Cibodas yaitu di Tanjakan Setan dengan kemiringan hampir 90 derajat, harus naik dengan bantuan tali. Selain itu, ketika melalui jembatan dan curug air panas, medannya cukup licin sangat berbahaya jika tergelincir.

perbedaan jalur gunung putri dan jalur cibodas
Jalur Gunung Putri. Foto: Rikas Harsa

Adapun jalur Gunung Putri terkenal sebagai jalur yang cukup curam. Jalur Gunung Putri menuju pos pertama sudah mulai memasuki area hutan dengan kontur yang cukup menanjak. Medan jalur Gunung Putri didominasi dengan tanah merah, bebatuan, kerikil diantara akar pepohonan yang cukup rapat.

Perjalanan dari pos 3 Buntut Lutung menuju pos 4 Simpang maleber dikenal sebagai medan terberat jalur Gunung Putri. Selain kondisi medan yang licin dan lengket berupa tanah merah, terdapat kerikil dan bebatuan yang bisa membuat kaki terpeleset. Ditambah jalur yang harus melewati akar pepohonan yang cukup rapat, tak jarang jalur terhalang pohon yang tumbang.

Sumber Air

Bebicara sumber mata air, jalur Cibobas lebih banyak ditemukan sumber air karena sepanjang perjalanan melalui jalur ini akan melewati beberapa air terjun dan danau. Berbeda dengan jalur Gunung Putri yang sepanjang perjalanan pendakian akan melewati kawasan hutan yang minim ditemukan sumber air. Sumber air yang cukup memadai di jalur Gunung Putri yaitu di Alun-Alun Surya Kencana yang merupakan lokasi kemping yang ideal di jalur ini.

Spot Menarik

Jika urusan spot menarik, jalur Cibodas lebih diunggulkan karena perjalanan melalui jalur ini akan melewati beberapa destinasi wisata populer seperti curug Cibeureum, wisata air panas dan danau (Telaga Biru). Selain medan yang dikenal lebih landai, keberadaan spot-spot tersebut merupakan daya tarik jalur Cibodas.

perbedaan jalur gunung putri dan jalur cibodas
Air Terjun Cibeureum. Foto: Ariya Wibowo

Berbeda dengan jalur Gunung Putri, sepanjang perjalanan hanya akan melalui area hutan, spot menarik yang disuguhkan jalur ini yaitu vegetasi hutan.

Lokasi Kemping

Lokasi kemping terdekat di jalur Cibodas yaitu di Kandang Badak, sedangkan lokasi kemping jalur Gunung Putri di Alun-Alun Surya Kencana.

Alun-Alun Surya Kencana (Surken) merupakan icon yang populer jika berbicara tentang Gunung Gede. Keberadaan Alun-Alun Surya Kencana ini menjadi salah satu daya tarik para pendaki datang ke Gunung Gede.

Surken sering kali menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ketika datang ke Gunung Gede. Sehingga tak aneh jika Surken lebih populer dan paling difavoritkan sebagai lokasi kemping daripada Kandang Badak.

Beberapa perbedaan antara lokasi kemping di Surken jalur Gunung Putri dan di Kandang Badak jalur Cibodas:

  • Surken berada di lahan terbuka tanpa pepohonan tinggi yang menjulang dengan luas lebih dari 50 hektar, sedangkan Kandang Badak areanya lebih sempit diantara pepohonan yang cukup rapat.
  • Keberadaan taman Edelweiss di Surken seringkali menjadi nilai plus sehingga Surken lebih difavoritkan sebagai lokasi berkemah dibandingkan Kandang Badak.
perbedaan jalur gunung putri dan jalur cibodas
Surya Kencana vs Kandang Badak. Foto: Jimmy Sanjaya & herwinlab.com

Apabila Surken adalah salah satu tujuan, tidak perlu khawatir karena datang melalui jalur manapun, keindahan hamparan Edelweiss di Surken akan tetap bisa dinikmati. Hanya saja jarak tempuh terdekat menuju Surken adalah melalui jalur Putri.

Popularitas

Jalur Gunung Putri merupakan jalur paling populer dibandingkan jalur lainnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat sebaran alokasi kuota pendaki harian yang sudah di booking pada website TNGGP. Dari total alokasi kuota harian sebanyak 600 pendaki biasanya didominasi oleh jalur Gunung Putri.

Kenapa jalur Gunung Putri paling banyak dipilih? Setiap pendaki akan mempunyai alasan tersendiri seperti 7 alasan kenapa pendaki akan suka jalur Gunung Putri.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Pendakian Gunung Gede melalui jalur Gunung Putri dan jalur Cibodas mempunyai karakteristik medan, tantangan dan pengalaman masing-masing. Perbedaan paling mendasar dari kedua jalur ini diantaranya jarak dan waktu tempuh, popularitas, spot-spot menarik dan lokasi kemping.

Namun terlepas dari jalur manapun yang dipilih, pendakian Gunung Gede akan menawarkan tantangan dan pengalaman tersendiri. Baik jalur Cibodas maupun jalur Gunung Putri akan mengantarkan pendaki menuju pucak Gunung populer di Indonesia dan tertinggi ke-3 di Jawa Barat, yaitu puncak Gunung Gede.

Tetapi apabila tertarik untuk mencoba kedua jalur sekaligus, bisa melakukan pendakian lintas jalur yaitu naik jalur Putri dan turun via Cibodas. Rutenya berangkat dari jalur Putri menuju lokasi kemping di Alun-Alun Surya Kencana, lanjut summit ke puncak Gede lalu turun melalui jalur Cibodas.

Bagikan tulisan ini:

You cannot copy content of this page