7 Alasan Kamu Akan Suka Jalur via Putri ke Gede Pangrango

7 Alasan Kamu Akan Suka Jalur via Putri ke Gede Pangrango – Seperti yang sudah diketahui, ada tiga jalur resmi untuk mengakses pendakian Gede Pangrango yaitu jalur Selabintana, jalur Cibodas dan jalur Gunung Putri. Ketiga jalur tersebut dikatakan sebagai jalur resmi karena diakui sekaligus dikelola secara langsung oleh pihak Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

Jalur Cibodas dan jalur gunung Putri bisa dibilang letaknya cukup berdekatan, namun seringkali pendakian via gunung Putri menjadi jalur yang selalu paling banyak dipilih. Adapun alasan terkait banyak dipilihnya jalur tersebut karena mempunyai beberapa kelebihan.

Dirangkum dari beberapa pendaki yang membagikan pengalaman pendakian via Putri, setidaknya ada 7 alasan kenapa mereka memilih mendaki melalui jalur gunung Putri.

7 Alasan Mendaki Gede Pangrango via Gunung Putri

Berikut adalah beberapa alasan yang mungkin kamu juga akan suka mendaki ke Gede Pangrango melalui jalur Gunung Putri:

Akses Mudah

Lokasi pendakian Gunung Gede via Putri cukup mudah diakses karena letaknya berdekatan dengan area Jabodetabek. Kamu yang tinggal di sekitar kota-kota tersebut tidak akan menemui kesulitan akses menuju lokasi pendakian karena ada banyak transportasi umum yang bisa digunakan.

Misalkan dari Jakarta menggunakan mobil pribadi via tol Jagorawi-tol Ciawi (jurusan puncak-Bandung)-Cibodas-Gunung Putri.

Menggunakan angkutan umum dari Stasiun Bogor naik angkot 03 turun di halte Damri, dilanjutkan naik angkot 01 ke Pasar Ciawi. Lanjut naik elf berwarna putih turun di Pasar Cipanas, lalu menyebrang ke pertigaan Cipanas untuk naik angkot kuning menuju pintu masuk Gunung Putri (waktu perjalanan 2-3 jam).

Kuota Pendaki Lebih Banyak

Kuota untuk jalur via Gunung Putri adalah sebanyak 400 pendaki per hari, jalur Cibodas 200 pendaki per hari, dan Selabintana lebih sedikit. Salah satu keuntungan memilih jalur Gunung Putri yaitu kemungkinan mendapatkan izin mendaki lebih banyak. Hal tersebut akan mempermudah kamu jika ingin mendaki bersama tim yang berjumlah banyak.

Note: Selama masa pandemi, kuota pendaki harian dibatasi maksimal 300 orang pendaki untuk ketiga jalur yang tersedia. Adapun jalur via Gunung Putri selalu menjadi jalur yang paling ramai diantara dua jalur lainnya.

Lebih Banyak Bertemu Pendaki Lain

Kamu tidak akan merasa kesepian selama perjalanan mendaki melalui jalur Gunung Putri karena jalur ini memang selalu ramai. Selama perjalanan mendaki kamu bisa bertemu dengan banyak para pendaki lainnya dari berbagai daerah bahkan mancanegara.

jalur via putri ke gede pangrango
Foto: by David Son

Benefit lain melewati jalur yang tidak sepi yaitu kamu tidak akan kesulitan navigasi atau meminta bantuan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Maka dari itu, jalur ini rekomendasi untuk pendaki yang baru pertama kali ke Gede Pangrango.

Bonus terbaik dan pastinya diinginkan banyak orang (khusus yang belum dapet aja ya), siapa tahu bisa ketemu jodoh di sana hehe

Melewati Pemukiman dan Ladang Warga

Salah satu keunikan jalur pendakian via Gunung Putri yaitu trek awal akan melewati pemukiman dan ladang warga sekitar. Jika memulai pendakian pagi, kamu akan melihat kehidupan sehari-hari warga sekitar, mulai petani yang sedang bekerja di ladang hingga anak-anak yang siap berangkat sekolah.

gede pangrango via putri
Foto: by

Bagi sebagian orang terutama yang tinggal di kota-kota besar, menyaksikan aktivitas kehidupan warga di pedesaan bisa menjadi suatu pengalaman yang menyenangkan.

Waktu Tempuh Lebih Cepat

Jalur Gunung Putri dikenal lebih berat dan terjal dibandingkan dengan jalur Cibodas. Namun kamu akan lebih cepat sampai dari pada melalui jalur lainnya. Rata-rata pendaki yang melalui jalur Putri bisa sampai di Surya Kencana dalam 7 jam, sedangkan via Cibodas membutuhkan waktu hingga 10 jam.

Jadi kamu lebih prefer mana nih? Terjal tapi cepat sampai atau agak landai tapi waktu tempuh lebih lama?

Melewati Alun-Alun Surya Kencana

Poin ini yang paling sulit diabaikan oleh para pendaki, karena memang Surya Kencana ini bisa dibilang sebagai magnet utama yang menarik banyak pendaki datang ke Gede Pangrango.

jalur via putri ke gede pangrango
Foto: by Utang Rasa

Lembah yang luas dengan dihiasi Edelweiss ini memang mempunyai panorama yang mempesona, spot paling favorit di Gede Pangrango.

Area Kemping Luas

Masih tentang Surya Kencana, jangan takut tidak kebagian tempat kemping atau takut berdempetan dengan tenda pendaki lain karena luas areanya lebih dari 50 hektar.

gede pangrango via putri
Foto: by Kamil Faishal

Kamu bisa mendirikan tenda diantara rumpun Edelweiss dengan areanya terbuka tidak tertutup pepohonan. Kondisi yang ideal untuk menikmati pemandangan bintang-bintang di langit pada malam hari. Berbeda dengan camping ground di jalur Cibodas yaitu Kandang Badak, yang jauh lebih sempit dan rimbun.

Penutup

Demikianlah 7 alasan yang mungkin kamu akan suka jika mendaki Gede Pangrango via gunung Putri. Ada pengalaman lain yang membuat kamu terkesan ketika mendaki melalui jalur Gunung Putri?

Kalau kebetulan lewat jalur gunung Putri dan membutuhkan tempat beristirahat, bisa singgah di Basecamp kami. Tersedia akomodasi lain seperti penginapan, sewa perlengkapan outdoor, jasa guide & porter jika kamu membutuhkannya.

One comment

  1. Benar min, jalur gunung putri memang selalu ramai. Pernah juga sampe padet banget saking banyaknya yg mendaki lewat gunung putri

Leave a Reply